Ulasan BenQ Zowie XL2540: Monitor Gaming FreeSync 1080p 240Hz

Mencari monitor gaming 240Hz untuk pengalaman gaming paling halus dan responsif?

BenQ ZOWIE XL2540 adalah model luar biasa dengan banyak fitur tambahan yang mungkin berguna bagi Anda, untuk informasi monitor gaming canggih di ulasan dell s2716dg monitor gaming g-sync 1440p 144hz 1ms.

Kualitas gambar

Sama seperti kebanyakan monitor gaming 1080p 240Hz yang tersedia, BenQ XL2540 didasarkan pada panel TN (Twisted Nematic) dengan kecerahan puncak 400-nit, rasio kontras 1.000:1, kedalaman warna 8-bit, dan kecepatan waktu respons 1ms yang cepat.

Sudut pandangnya adalah 160 °/170 °, yang berarti bahwa gambar akan berubah warna, kontras, dan kecerahan jika Anda melihatnya dari sudut miring. Jadi, selama Anda duduk di depan layar, ini bukan masalah besar.

Dibandingkan dengan teknologi panel lainnya seperti IPS dan VA, panel TN memiliki kualitas warna yang paling buruk, tetapi memiliki kecepatan waktu respons piksel yang sangat cepat.

Panel memang mencakup ruang warna sRGB dalam jumlah yang layak (~95%), tetapi kalibrasi diperlukan untuk kualitas gambar yang optimal.

Terakhir, resolusi 1080p memberikan kualitas gambar yang memuaskan dalam hal kerapatan piksel saat Anda mendapatkan detail yang tajam dan ruang layar yang cukup besar.

Lebih penting lagi, mencapai frame rate yang lebih tinggi akan lebih mudah pada GPU dan CPU Anda karena 1080p tidak terlalu menuntut, jika Anda ingin membeli monitor gaming terbaru dan tercanggih Anda dapat membelinya di Gaming Monitor Singapore dengan harga terjangkau.

Pertunjukan

Performa input lag BenQ ZOWIE XL2540 sangat mengesankan hanya di bawah 4ms.

Selanjutnya, kecepatan waktu respons juga luar biasa; dengan kecepatan waktu respons piksel GtG 1 ms, tidak ada bayangan atau jejak yang menonjol di belakang objek yang bergerak cepat.

Untuk performa waktu respons terbaik, atur pengaturan overdrive (AMA – Advanced Motion Acceleration) di menu OSD (Tampilan di Layar) ke ‘Tinggi.’

Bermain game pada 240Hz memang terasa lebih mulus daripada bermain game pada 144Hz, tetapi perbedaannya hampir tidak terlihat seperti antara 60Hz dan 144Hz.

Selanjutnya, Anda dapat mengaktifkan lampu latar strobing, yang selanjutnya dapat menghilangkan blur dan ghosting dalam game yang bergerak cepat.

Namun, untuk mengaktifkan fitur ini, Anda harus membuka menu layanan BenQ ZOWIE XL2540 karena tidak tersedia di menu OSD biasa.

Untuk membuka menu layanan, Anda harus mematikan monitor terlebih dahulu dan kemudian menahan tombol pintas monitor keempat dari kiri dan secara bersamaan menekan tombol daya untuk menyalakan layar.

Sekarang, hotkey keempat akan membuka menu layanan alih-alih OSD. Untuk membalikkan ini, cukup matikan dan hidupkan kembali monitor.

Di menu layanan, Anda akan menemukan fitur Pengurangan Blur dan pengaturan intensitasnya dengan frekuensi minimal 100Hz dan maksimal 240Hz.

Fitur

Fitur gaming lainnya termasuk AMD FreeSync dengan rentang 48-240Hz dan dukungan LFC. Teknologi ini memungkinkan monitor mengubah kecepatan refresh secara dinamis jika terhubung ke kartu grafis yang kompatibel.

Pada gilirannya, semua layar sobek dan gagap dihilangkan dengan hampir tidak ada penalti lag input. Namun, FreeSync tidak dapat aktif bersamaan dengan teknologi pengurangan blur.

FreeSync juga bekerja dengan kartu GeForce yang kompatibel tanpa masalah dan monitor disertifikasi sebagai Kompatibel dengan G-SYNC oleh NVIDIA.

Selain itu, Anda akan menemukan fitur Color Vibrancy, yang pada dasarnya adalah saturasi warna dengan nilai 0-20 dan Black eQualizer, yang mencerahkan area gelap dalam video game untuk visibilitas objek yang lebih baik dalam bayangan.

Terakhir, dengan BenQ ZOWIE XL2540, Anda juga mendapatkan perangkat eksternal S. Switch yang dapat Anda gunakan untuk menavigasi melalui pengaturan OSD dan mengubah preset gambar dari jarak jauh termasuk dua mode FPS, RTS, Movie, Standard, dan tiga profil yang dapat disesuaikan.

Desain & Konektivitas

BenQ ZOWIE XL2540 memiliki desain yang sepenuhnya ergonomis dengan penyesuaian ketinggian hingga 140mm, kemiringan -5°/18°, putar +/- 45°, pivot 90°, dan dudukan VESA 100 x 100mm.

Selain itu, bezelnya agak tebal (14mm), tetapi bingkainya dirancang untuk mengurangi pantulan. Gaming Monitors ini juga memiliki lapisan anti-silau matte dan tudung bayangan untuk meminimalkan gangguan saat bermain game.

Pilihan konektivitas termasuk DisplayPort 1.2, HDMI 1.4, HDMI 2.0, Dual-Link DVI-D, jack headphone, jack mikrofon, dan hub dual-USB 3.0.

Leave a Comment