Saatnya menghubungkan komputer dan telepon Anda

Anda sudah membagi waktu layar antara ponsel cerdas dan komputer Anda mengapa tidak menautkan keduanya? Ada beberapa cara untuk menggunakan perangkat Anda secara harmonis, meningkatkan efisiensi keduanya. Dari menyinkronkan data hingga berpindah antar aplikasi, kami memiliki lima cara untuk membuat ponsel dan komputer Anda berfungsi dengan baik.

1. Sinkronkan file melalui cloud

Jika Anda bekerja di mana saja, Anda akan menginginkan akses ke file yang sama di ponsel dan komputer Anda, jadi sinkronkan. Banyak aplikasi akan melakukan pekerjaan itu untuk Anda, tetapi semuanya berfungsi dengan cara yang kurang lebih sama. Pertama, pilih layanan. Di ponsel Anda, instal versi seluler; di komputer Anda, unduh klien desktop atau akses antarmuka web melalui browser Anda. Kemudian masuk ke akun Anda kapan pun Anda ingin mengakses file terbaru Anda.

Bagian tersulit mungkin adalah memilih layanan mana yang akan digunakan. Di iOS, opsi default adalah iCloud, dan di Android, ini adalah Google Drive. Saat Anda mengatur telepon Anda, itu akan meminta Anda untuk masuk dengan akun Apple atau Google Anda untuk mengonfigurasi layanan ini, dan setelah Anda melakukannya, mereka akan kompatibel dengan mesin Windows dan macOS. Karena itu, Anda tidak harus tetap menggunakan aplikasi default. Anda dapat mengunduh Google Drive ke iOS, atau Anda dapat menghindari keduanya dan menggunakan layanan pihak ketiga seperti Microsoft OneDrive atau Dropbox. Keduanya bekerja pada semua sistem operasi utama: iOS, Android, macOS, dan Windows.

Jika Anda masih tidak yakin mana yang paling cocok untuk Anda, lakukan perbandingan harga. Apple memberi Anda 5GB ruang iCloud secara gratis, dengan paket berbayar mulai dari $1 per bulan untuk penyimpanan 50GB. Google menawarkan 15GB ruang kosong di semua aplikasinya (jadi lampiran Gmail, file Google Drive, dan gambar Google Foto Anda perlu berbagi ruangan itu), dan lebih banyak lagi akan membuat Anda kembali $2 per bulan untuk 100GB dan lebih tinggi. OneDrive memberi Anda ruang kosong 5GB, dengan upgrade termurah $2 per bulan untuk 100GB. Terakhir, Dropbox menawarkan 2GB kepada pengguna secara gratis, dengan penyimpanan cloud tambahan yang dikenakan biaya $10 per bulan untuk 2TB.

2. Bawa browser Anda bersama Anda

Anda sudah menyimpan banyak hal penting pikirkan sandi, bookmark, penelusuran, dan riwayat penjelajahan di browser Anda. Anda dapat memastikan semua ini tetap bersama Anda saat Anda berpindah antar perangkat dengan membuat akun pengguna dan memilih untuk menyinkronkan data Anda.

Berita baiknya adalah semua browser utama menawarkan opsi ini. Anda hanya akan menemukan penghalang jalan jika Anda menggunakan Safari di komputer Apple dan Anda memiliki perangkat Android. Aplikasi seluler Safari hanya tersedia untuk iOS, jadi jika Anda tidak memiliki iPhone, Anda harus memilih browser lain, seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, atau Microsoft Edge.

Setelah Anda memilih browser, unduh ke ponsel dan komputer Anda. Saat meluncurkan aplikasi, Anda akan melihat permintaan yang mendesak Anda untuk masuk dengan akun Google, Firefox, atau Microsoft.

Selanjutnya, buka pengaturan browser untuk menyesuaikan opsi sinkronisasi. Di versi iOS, misalnya, buka pengaturan aplikasi dan ketuk tombol Masuk ke Chrome (Chrome), tombol Masuk ke Sinkronisasi (Firefox), atau tombol Masuk dengan akun Microsoft (Tepi). Anda mengikuti langkah serupa di versi Android. Safari sekali lagi, hanya di iOS sedikit berbeda: Buka aplikasi Pengaturan iPhone, ketuk nama ID Apple Anda, diikuti oleh iCloud, lalu putar sakelar sakelar Safari ke Aktif. Setelah Anda mengatur sinkronisasi, itu akan terjadi secara otomatis di latar belakang.

3. Di komputer Windows: Bagikan foto dan teks

Windows 10 memperkenalkan aplikasi yang disebut, cukup imajinatif, Ponsel Anda untuk membuat ponsel dan komputer Anda bekerja secara harmonis, dan Anda juga dapat menemukannya di Windows 11. Aplikasi ini memungkinkan Anda menyinkronkan foto, pesan teks, panggilan, dan bahkan pemberitahuan antara kedua perangkat.

Mulailah dengan meluncurkan program di komputer Anda: Windows 11 menempatkan ikon depan dan tengah di dok barunya, tetapi jika Anda tidak dapat menemukannya, ketik “Telepon Anda” ke dalam kotak pencarian dan pilih opsi teratas dalam daftar. Saat terbuka, masuk dengan akun Microsoft Anda, yang akan menyatukan data Anda di desktop dan seluler. Selanjutnya, masukkan nomor telepon Anda. Ini memungkinkan handset Anda menerima pesan teks dengan tautan untuk mengunduh aplikasi Your Phone Companion. Setelah Anda masuk ke ponsel, kedua perangkat akan dapat “melihat” satu sama lain.

Ini berarti Anda dapat melihat foto ponsel terbaru Anda dari layar yang lebih besar cukup buka aplikasi komputer dan klik ikon foto di sebelah kiri. Dari antarmuka ini, Anda dapat menggulir gambar Anda. Memilih satu akan membukanya di editor gambar default Windows. Adapun pesan teks, Anda melihatnya dengan mengklik ikon pesan di sebelah kiri. Anda dapat membaca dan membalas pesan dari antarmuka ini, menerima dan melakukan panggilan, dan bahkan mengabaikan notifikasi.

Sayangnya, fitur ini hanya berfungsi dengan ponsel Android, tetapi satu trik Ponsel Anda juga berfungsi di iPhone. Jika Anda telah menginstal Microsoft Edge di ponsel dan komputer, Anda dapat mengetuk tombol bagikan versi seluler ke PC (terlihat seperti panah di dalam ponsel) untuk mengirimkan halaman web tersebut ke browser versi desktop.

4. Di ekosistem Apple: Pertahankan kontinuitas layar

Jika Anda sepenuhnya mengandalkan produk Apple iPhone dan komputer Mac maka Anda dapat menggunakan fitur Berkelanjutan. Ini menyediakan beberapa cara berbeda untuk menautkan ponsel dan desktop Anda secara bersamaan, selama Anda masuk ke kedua perangkat dengan ID Apple yang sama, mengaktifkan Bluetooth, dan menghubungkannya ke jaringan WiFi yang sama.

Fitur Kamera Berkelanjutan memungkinkan Anda mengimpor foto secara instan dari iPhone ke beberapa aplikasi desktop, tanpa tahap perantara. Katakanlah Anda telah membuka presentasi Keynote di komputer Anda, misalnya. Klik Sisipkan > Sisipkan dari iPhone atau iPad > Ambil Foto, lalu alihkan ke iPhone Anda (yang sudah berada dalam mode pengambilan foto), untuk mengambil gambar. Trik ini juga berfungsi di Mail, Pesan, Catatan, Finder, dan aplikasi lainnya.

Bagian lain yang berguna dari Continuity disebut Handoff. Jika Anda menjalankan aplikasi yang kompatibel Mail, Peta, Safari, Pengingat, Kalender, Kontak, Pages, Numbers, atau Keynote di iPhone dan Mac, Anda dapat beralih antar perangkat dan menyimpan data yang sama di layar. Anda akan menemukan opsi handoff ini di layar multitasking iOS (untuk mengaksesnya, geser ke atas dan tahan) dan di dok macOS.

Fitur keren terakhir yang akan kami sebutkan adalah Universal Clipboard, yang akan bekerja secara otomatis jika Anda telah mengatur Continuity (masuk, mengaktifkan Bluetooth, masuk ke jaringan yang sama). Salin beberapa teks atau gambar di satu perangkat, dan Anda dapat menempelkannya ke aplikasi di perangkat lain. Setelah Anda menyalin sesuatu di ponsel Anda, tekan saja tempel seperti biasa di komputer Anda atau sebaliknya.

5. Unduh aplikasi sinkronisasi

Banyak aplikasi pihak ketiga akan secara otomatis menyinkronkan antara versi seluler dan web atau desktop mereka. Anda harus mengunduh sebanyak mungkin pemain tim ini, dan bahkan jika menurut Anda platform favorit Anda tidak memiliki versi desktop atau web, tidak ada salahnya untuk memeriksanya.

Google memberikan contoh yang bagus: Anda dapat menggunakan Kalender, Gmail, dan Maps dalam browser web komputer Anda, dan mengakses Informasi Teknologi ini yang sama melalui aplikasi seluler yang sesuai. Selama Anda masuk ke akun yang sama, Google akan secara otomatis menerapkan perubahan apa pun dan menyinkronkan semua data Anda.

Saat Anda melihat aplikasi perpesanan instan, Anda juga akan menginginkan sesuatu yang sinkron. Aplikasi Pesan Apple memperbarui semua percakapan Anda sehingga Anda dapat mengaksesnya di iPhone dan Mac tetapi ini tidak akan berfungsi jika Anda memiliki ponsel Android atau komputer Windows. 

Salah satu alternatifnya adalah WhatsApp: Ini tersedia untuk Android dan iOS, dan Anda juga dapat melihat percakapan Anda di jendela browser di komputer Anda. Untuk mengaktifkan ini, buka WhatsApp versi web di browser Anda untuk menemukan kode QR. Kemudian, buka aplikasi seluler, ketuk tombol Menu (tiga titik), tekan Perangkat yang ditautkan, lalu Tautkan perangkat. Ponsel Anda akan secara otomatis mengaktifkan kamera sehingga Anda dapat memindai kode QR, dan ketika Anda melakukannya, percakapan Anda akan dimuat di komputer Anda. Facebook Messenger juga bekerja dengan mulus di AndroidiOS, dan web.

Aplikasi populer lainnya yang akan disinkronkan antar perangkat termasuk Evernote untuk pencatatan digital, Skype untuk panggilan suara dan video, Pocket Casts untuk podcast, dan Netflix untuk streaming video. Tetapi Spotify benar-benar menetapkan standar untuk kompatibilitas lintas platform: Ini berfungsi di setiap sistem operasi utama ( AndroidiOSmacOS, dan Windows ) dan memiliki portal web untuk boot.

Leave a Comment