12 Tempat Wisata di Pekanbaru yang Wajib Dikunjungi

Kota Pekanbaru merupakan kota perdagangan dan jasa, termasuk kota dengan tingkat pertumbuhan, migrasi dan urbanisasi yang tinggi. Pekanbaru memiliki satu bandara internasional yaitu Bandara Sultan Syarif Kasim II dan terminal bus antar kota dan antar provinsi, Bandar Raya Payung Sekaki, dan dua pelabuhan di Sungai Siak, yaitu Pelita Pantai dan Sungai Duku.

Saat ini Kota Pekanbaru sedang berkembang pesat menjadi kota perdagangan yang multi etnis, keragaman tersebut telah menjadi modal sosial dalam mencapai kepentingan bersama yang dapat dimanfaatkan untuk kemaslahatan penduduk. Berikut adalah tempat wisata rekomendasi Berita Pekanbaru Terkini:

1. Liburan Seru di Paviliun Seni Tintin Tintin

Apakah Anda seorang penggemar seni? Nah, jika itu berarti Anda harus mengunjungi Paviliun Seni Idrus Tintin. Bangunan bergaya Malaysia ini membuatnya lebih seperti istana.

Asal usul nama jembatan seni ini adalah seniman terkenal di Riau, Idrus Tintin. Ia adalah seniman yang pernah menerima Anugrah Sagang Prize, penghargaan seni paling bergengsi di Tanah Lancang Kuning. Gedung seni ini terdiri dari tiga lantai, yang interiornya tidak kalah menarik dengan eksteriornya.

Sebuah objek wisata yang pernah menjadi tempat perhelatan seni Indonesia, Festival Film Indonesia menjadi ikon seni Pekanbaru pada tahun 2008, di mana pengunjung biasanya berfoto atau jalan-jalan santai.

2. Air Terjun Guruh Gemurai

Selain air terjun yang bersih, ada juga Air Terjun Gemurai di Kabupaten Kuantan Singingi, Riau. Air terjun ini cukup populer di Pekanbaru. Air terjun ini memiliki dua aliran, air terjun ini memiliki suara yang menderu.

Tentunya bagi anda yang berkunjung ke Pekanbaru tidak lengkap rasanya jika tidak mengunjungi tempat wisata di Pekanbaru. Selain air terjun, pemandangan di sekitarnya juga sangat menarik.

3. Desa Okura

Dewan kota Pekanbaru menjadikan desa tersebut sebagai desa wisata yang menarik untuk kita kunjungi, namanya desa Okura.

Okura sebenarnya adalah sebuah desa, namun agar lebih menarik dan mudah disebut saja dengan Desa Wisata Okura.

Desa Urban Okura terletak di pinggiran Kabupaten Siak dan Kabupaten Pelalawan, Riau, yang memiliki kawasan agrowisata dengan beragam tanaman produktif. Selain itu, di desa Okura juga terdapat aliran Sungai Siak yang dapat dimanfaatkan pada akhir pekan sebagai objek memancing bagi para pelancong atau warga.

Pemerintah Kota Pekanbaru telah mengurus Okura, seperti pintu masuk, kawasan pemukiman dan jembatan yang menghubungkan Okura dengan Kabupaten Siak.

4. Liburan ke Taman Hutan Raya Sultan Syarif Kasim

Tempat rekreasi keluarga lainnya di Pekanbaru yang tidak boleh dilewatkan adalah Taman Hutan Raya Sultan Syarif Kasim. Taman ini selalu ramai di akhir pekan.

Tempatnya yang sejuk dan udaranya yang segar sangat cocok bagi anda yang menginginkan suasana tenang. Lokasi taman ini berjarak sekitar 23 km dari pusat kota Pekanbaru. Pemandangan lurus terlihat sepi, namun ribuan orang datang untuk menikmati suasana yang tenang dan damai.

Ada banyak atraksi yang bisa kita mainkan di sini. Jika Anda tertarik, datang ke sini

5. Sungai Kampar

Berselancar muncul tidak hanya di pantai, tetapi juga di sungai. Nah, bagi kamu yang suka berselancar, kamu harus mencoba sensasi berselancar di Sungai Kampar. Situs ini terletak di desa Teluk Meranti, timur laut Pekanbaru.

Gelombang pasang (ombak) dikenal secara lokal sebagai “Bono”, yang mengaum dengan kecepatan kilat 40 kilometer per jam. Berselancar di sungai ini bisa setinggi 4 hingga 6 meter.

Peselancar yang baru pertama kali datang ke Kampar pasti tahu bahwa ombak di sungai memiliki karakteristik yang berbeda dengan ombak di laut lepas. Akibat kekuatan gelombang yang masuk, arus yang mengalir ke hulu akan menimbulkan gelombang dari sisi kanan dan kiri setelah mengenai kedua tanggul sungai dan mengalir langsung dari pusat muara.

Sungai dan tepian dihuni oleh buaya dan ular. Sementara buaya biasanya ditemukan di hulu, adalah bijaksana untuk mengawasi pemangsa ini saat berselancar di sungai. Kebanyakan ular tidak berbisa, seperti boa dan ular sanca batik. Karena perjalanan ke Teluk Meranti biasanya melalui Pekanbaru, Anda akan menemukan sejumlah tempat wisata di kota dan sekitarnya. Aktivitas lain yang menyenangkan untuk dilakukan saat tidak sedang berselancar adalah dengan menyewa sepeda motor dan menjelajahi pedesaan untuk melihat aktivitas desa.

6. Kuliner Sup Tribuana

Belum lengkap rasanya jika tidak datang ke Pekanbaru untuk makan, ada tempat makan terkenal yang wajib dicoba termasuk Sop Tukung. Lokasinya berada di kawasan Gor Tri Buana Jalan Diponegoro, Pekanbaru. Porsinya super besar. Foto di atas adalah 1/2 bagian.

T Buana Sup Tri Buana tidak hanya di sore hari, dari jam 11 pagi, jadi tujuannya untuk yang mencari makan siang. Soto penunjang adalah yang paling enak di Pekanbaru, jadi sayang jika kita melewatkannya, selain soto penunjang kalian juga bisa mencoba soto daging yang tak kalah enaknya.

7. Rumah Makan Baung

Tempat makan enak selanjutnya di Pekanbaru adalah RM Ikan Baung, di kawasan Rumbai, kalau cari makan siang ke RM Baung. Terletak di ujung Jalan Sekolah. Jadi kalau kamu taruh Yos Sudarso di jalan sekolah, terus saja sampai sampai di pertigaan Jalan Sembilang, posisi RM Baung di sebelah kanan.

8. Air terjun dinding batu

Tempat wisata di Riau selanjutnya adalah air terjun dengan dinding batu. Air terjun yang terletak di kawasan Kampar Kiri ini layak untuk dikunjungi tempat wisata yang akan anda kunjungi selama liburan di Pekanbaru. Air terjun ini memiliki nama yang cukup unik dan layak menjadi destinasi wisata anda saat berkunjung ke Pekanbaru, Riau ,

Obyek Wisata Air Terjun Tembok Batu di Kampar Kiri memiliki keindahan, keunikan dan keistimewaan tersendiri, karena di sekitar tembok batu terdapat objek wisata air terjun, terdapat berbagai atraksi dan atraksi lainnya seperti Tugu Khatulistiwa dan objek wisata sejarah Keraton. Gunung Sahilan.

9. Taman Putri Kaca Mayang

Lokasi taman ini berada di Jl jantung kota Pekanbaru, sehingga mudah dijangkau dengan kendaraan umum. Bagi anak-anak di arena ini sangat menarik karena mereka bisa memanfaatkan berbagai fasilitas hiburan yang tersedia di tempat ini seperti kolam renang, komidi putar, bom mobil dan masih banyak lagi permainan lainnya yang pastinya seru dan seru. Saat liburan, tempat ini selalu dipadati pengunjung yang datang dari Kota Pekanbaru sendiri maupun dari luar daerah.

10. Wisata budaya di pusat tradisional Riau

Jika Anda ingin mengenal adat Malaysia khususnya Riau maka Anda bisa pergi ke Balai Adat Riau di Jalan Diponegoro. Balai adat ini merupakan salah satu tempat liburan dengan suasana yang kental dengan nuansa sejarah.

Bangunan balai adat menggunakan arsitektur Malaysia dengan warna dan corak yang berbeda, terdiri dari 2 lantai dengan barang-barang dari Gurindam 12 karya Raja Ali Haji di lantai 2. Gedung ini sering digunakan sebagai media pertunjukan kesenian tradisional Riau. Pusat Adat Riau juga bisa dijadikan tujuan wisata karena Anda mendapatkan ciri khas dari tradisi Riau-Melayu. Arsitekturnya yang khas melambangkan keagungan budaya Melayu-Riau.

11. Kedai Kopi Hang Tuah

Bagi Anda pecinta kopi, tidak ada salahnya untuk mampir ke kedai kopi di kawasan Hang Tuah. Di sekitar Hang Tuah, kamu bisa menikmati kopi di berbagai kedai kopi yang berjejer disini rasanya mantap. Ini adalah pilihan yang tepat bagi Anda yang ingin nongkrong di tengah hiruk pikuk kota ditemani suguhan kopi terbaik.

Ada beberapa kedai kopi di sepanjang jalan ini termasuk kedai kopi Kimteng, kedai kopi Hang Tuah, kedai kopi terlaris, kedai kopi Tos, kedai kopi Kok Tong dan kedai kopi Tos dan kedai kopi lainnya. Tempat ini adalah suatu keharusan bagi pecinta kopi Anda.

12 Air Terjun Batang Kapas

Obyek wisata alam selanjutnya yang wajib dikunjungi adalah air terjun di Lubuk Bigau, Kecamatan Kampar Kiri Hulu, Kabupaten Kampar, Riau. Berjarak sekitar 135 kilometer dari kota Pekanbaru dengan waktu tempuh kurang lebih 3 jam setengah.

Air terjun batang air terjun ini memiliki ketinggian kurang lebih 150 meter. Diperlukan usaha ekstra untuk mencapai air terjun ini.

Mencapai lokasi air terjun ini memang butuh perjuangan ekstra. Namun sesampainya di lokasi air terjun ini, Anda akan melihat keajaiban alam yang tak terlupakan.

Bagaimana, tertarik untuk mengunjungi tempat-tempat di atas? Jika Anda memiliki cerita dan pengalaman liburan di Pekanbaru tidak ada salahnya jika Anda membagikannya kepada kami agar kami dapat membagikannya kepada pembaca lainnya.

Leave a Comment